Saturday 17 November 2018

My Braces Journey: Part III (Pasang Behel di FDC - Sebulan Bersama Behel)

Di post kali ini, aku mau nyeritain gimana rasanya pake behel dan perkembangannya selama seminggu sampe akhirnya aku kontrol untuk ganti karet.


Gambar: Braces


Hari pertama (Minggu, 21 Oktober 2018)
Gak tau kenapa aku belum ngerasain sakit, cuma ngilu-ngilu, gigi berasa ketarik dikit. Aku sempet baca-baca blog pengalaman orang yang pasang behel jadi aku udah tau makanan apa yang bisa aku makan atau yang harus aku hindari biar gigi aku gak sakit. Selama hari pertama, aku makan pake nasi tim/bubur sama sayur (bayem, wortel) yang dihaluskan. Aku belum bisa ngunyah dengan benar, bukan karna sakit tapi karna dokter masang pengganjal di gigi geraham kanan aku. Jadi kalo makan langsung aku telen aja.
Di foto ini, pengganjalnya itu yang warna putih di bagian kiri:

Gambar: Pengganjal di gigi geraham

Hari kedua dan ketiga (Senin - Selasa, 22 - 23 Oktober 2018)
Hari kedua udah mulai berasa sakit di bagian-bagian tertentu, makin ngilu, kayak ketarik gitu rasanya. Menurut aku sih sakitnya gak sakit yang sakit banget gitu, biasa aja gaya banget. Aku makan bubur tapi nyoba makan nasi biasa juga biar terbiasa ngunyahnya. Trus aku nyoba-nyoba makan pisang sambil dikunyah sebentar.

Hari ketiga aku nyoba makan biskuat, gigitnya pake gigi samping (bagian kanan) karna sakit cuy kalo gigit pake gigi depan. Selama pake behel tetep bisa ngobrol kayak biasa kok, malah kata pacar aku suara aku jadi sexy semenjak pake behel wkwk. Ada yang bilang kalo pake behel, nafsu makan berkurang. Aku sempet takut makin kurus (sok kurus) kalo pake behel tapi ternyata nafsu makan aku justru makin bertambah pas pake behel dan jadi rajin sikat gigi juga sama kumur-kumur.

Hari keempat (Rabu, 24 Oktober 2018)
Hari keempat, aku nyoba makan keripik karna lagi pengeeeen banget padahal gak boleh makan makanan keras dulu tapi gimana dong ya namanya pengen trus juga gigi aku udah gak ngilu atau pun sakit wkwk. Keripiknya aku tumbuk sampe jadi potongan-potongan kecil. Kalo makan kerupuk juga, kerupuknya aku jadiin potongan-potongan kecil. Makannya kadang sambil ngaca, takut behelnya lepas wkwk.

Hari kelima (Kamis, 25 Oktober 2018)
Hari kelima, aku makan ayam sama es krim. Es krimnya gak bisa langsung aku gigit karna gede banget, aku takut behelnya lepas jadi aku makannya pake mangkuk trus dipotong-potong pake sendok.

Hari keenam (Jumat, 26 Oktober 2018)

Gambar: Bracket-nya lepas dari gigi dan kebalik

Behel aku lepas 1 dong, lepas dari gigi bukan dari kawatnya bandel si wkwkwk. Awalnya aku kira karetnya doang yang copot tapi ternyata karetnya gak copot, cuma bracket-nya aja yang terbalik. Bracket yang terbalik biasanya aku balik ke posisi semula biar gak mengganggu.
Nih kayak gini penampakannya kalo bracket terbalik.


Hari sebelum kontrol (Jumat, 16 November 2018)
Awal mula bencana dunia perbehelan dimulai pada hari Jumat tanggal 16 Oktober 2018, tepat sehari sebelum aku kontrol tiba-tiba kawat gigi bagian ujung lepas.. damn. Karna takut bracket yang menggantung di kawat gigi kemakan, aku lepas bracket-nya dan aku simpen di kotak softlens. Ganggu banget pas lagi ngomong dan makan, rasanya kayak pengen ngerontokin semua kawat gigi-nya. Bukan karna sakit tapi rasanya yang gak enak aja.. kriuk kriuk kawat pas kawatnya kegigit, makan jadi terganggu trus kalo diem kawatnya nusuk dinding mulut. Hadeh, jadi serba salah deh pokoknya kayak Raisa. Aku jadi males makan gara-gara ini dan gak berani nimbang berat badan karna takut ngeliat berat badan aku berkurang.

Hari saat kontrol (Sabtu, 17 November 2018)
Sebelum kontrol, aku jalan dulu sama pacar aku ke Plaza Blok M buat nonton film Bohemian Rhapsody. Ini film bagus banget parah, berasa nonton konser.. kok jadi out of the topic sih wkwk. Pokoknya aku nonton film mepet banget sebelum kontrol sedangkan kalo telat lebih dari 5 menit tuh jadwal kontrol bisa di reschedule. Panik-panik ajaib dong sampe lari-lari ke parkiran setelah film-nya kelar, padahal lagi pake high heels tapi aku lupa saking paniknya.

Aku telat semenit doang dan kontrolnya ternyata gak begitu lama, sekitar 15 menit-an mungkin. Kata dokter, gigi aku yang bagian atas udah keliatan progress-nya jadi lebih tegak. Aku gak begitu sadar sama perubahan gigi aku yang bagian atas, justru aku sadarnya udah ada perubahan di gigi bagian kiri bawah jadi lebih rapi mengikuti line gigi yang seharusnya. Kalo bagian kanan bawah gak ada progress karna baru seminggu bracket-nya udah copot. Sedih, sekarang kalo makan harus lebih hati-hati.

Aku pilih karet behel warna pink, asal pilih aja. Pas udah dipasang aku baru inget harusnya aku pilih warna biru, maklum sekarang pikun tidak mengenal umur hehe..

Rincian biaya kontrol behel bulan ke-1:
Penggantian karet behel     : Rp250.000
Pasang bracket lepas          : Rp  25.000 +
Total                                   : Rp275.000

Mayan juga ya biayanya. Tapi aku lebih tercengang sama biaya yang akan aku keluarkan bulan depan huhuu. Waduh berapa emang biaya yang harus dikeluarkan bulan depan? Ada dehh, tunggu aja postingan aku selanjutnya yaa hehe. Niatnya bukan buat bikin penasaran tapi emang lagi mager nulis aja karna ada tugas kuliah.

**Notes:
Kalo kalian punya kartu member, kalian bisa dapet potongan harga sebesar 20%. Kartu member ini harganya Rp100.000, aku baru mau buat bulan Desember.

2 comments:

  1. Kak pengganjal gerahamnya itu dilepas pas kapan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku baru dilepas setelah gigitan giginya pas. Itu juga gak bener-bener dilepas, cuma dipotong aja jadi masih ada sisa pengganjalnya.

      Delete

Follow @herlinquinn ❤