Monday 4 March 2019

My Braces Knowledge - Part I (Makanan Yang Jadi Sahabat dan Musuh Para Behelers di Fase-Fase Awal)

Di awal pemasangan behel, gigi aku dipasang pengganjal. Nah, pengganjal ini bikin aku kesulitan mengunyah makanan karena belum terbiasa, belum lagi masalah gigi yang sakit. Lumayan lah cobaannya. Karna aku baik dan gak mau yang lain ngerasain sakit gigi atau kesusahan pas makan, aku bakal kasih tau makanan apa aja yang jadi sahabat dan musuh para behelers. Itu lah latar belakang terciptanya postingan ini, gaiss.

Gambar: Makanan

1. Makanan Yang Jadi Sahabat Para Behelers
Berikut makan-makanan yang bersahabat dengan para behelers, berdasarkan eksperimen pribadi aku:

a. Bubur
Ini makanan paling bersahabat di fase-fase awal kalian pake behel. Selain enak dan bersahabat untuk behel kalian, bersahabat juga untuk kantong kalian.

Gambar: Bubur Ayam

b. Pisang
Yeay, my favorite fruit! Lembutnya buah ini bisa ngalahin kelembutan gebetan di fase-fase awal dunia perbehelan dimulai, guys. Kalo aku makannya langsung potek pake bibir trus gigit pake gigi geraham paling belakang. Kalo otot bibir kalian gak sekuat aku dan gigi kalian sakit buat gigit, kalian bisa potong kecil-kecil dulu buah pisangnya sebelum dimakan atau bisa dibuat smoothie cantik kayak foto di bawah.

Gambar: Smoothie Bowl

c. Segala macam mie (Mie ayam, bakmie, mie instant, dan sodara-sodaranya)
Makanan sejuta umat ini emang pas banget buat kalian yang baru pake behel. Kelembutannya dijamin gak bikin sakit gigi tapi jangan tiap hari juga makannya, bisa-bisa kena sakit yang lain. Mau makan enak tanpa sakit? Makan mie aja.

Gambar: Samyang

d. Sayur Sop
Makan daging ayam dengan sayur sop~
Sayur sop emang pas banget buat para behelers, soalnya tinggal slurup slurup kenyang. Tapi pas awal-awal pake behel, aku gak bisa ngunyah wortel, brokoli sama kentangnya jadi harus dihaluskan dulu.

Gambar: Sayur Sop

e. Es krim
Ini mah gak perlu dijelasin, udah enak, lembut, rasa-rasa, gak bikin sakit juga kecuali gigi kalian sensitif sama makanan yang dingin-dingin yes. Jangan dimakan juga cone-nya, dijamin protol semua tuh behel. Kalo aku sih mending cari es krim yang aman dimakan kayak es krim di cup atau di gelas. Kalo makan es krim yang kayak magnum gitu (stick), biasanya aku taro di mangkok trus potong kecil-kecil pake sendok.

Gambar: Ice Cream

Kalo kalian tau makanan lain yang bersahabat buat para behelers, boleh banget kasih tau yang lain di kolom komentar di bawah ini hehe.


2. Makanan yang jadi musuh para behelers
Sekarang, makanan yang jadi musuh para behelers:

a. Keripik
Ini nih yang bikin behel aku copot pas awal-awal wkwk. Keripik emang enak tapi behel copot bikin gak enak, gak enak di mulut (ganggu), gak enak juga di kantong (bayar biaya pasang behel yang copot Rp25.000/bracket). Jadi kalo bisa hindarin aja dulu deh makan makanan yang keras kayak gini di awal-awal aja, pas udah 4 bulan pake mah santai aja makan keripik tapi tetep harus waspada hehe.

Gambar: Keripik

b. Coklat
Kalo coklat ini sebenernya gak bikin gigi copot tapi suka menetap di bracket, lengket di sela-sela gigi. Bersihinnya jadi agak susah, harus pake interdental brush. Kalo sisa-sisa coklat itu didiemin malah bikin gak pede pas senyum.

Gambar: Orang makan coklat

c. Jagung
Sebenernya gapapa makan jagung tapi jagung yang udah dipipil, bukan jagung sebonggolnya. Kalo makan jagung sebonggolnya, dijamin rontok semua itu behel. Aku pernah gak sengaja gigit jagung yang masih di bonggolnya tapi gak bisa trus baru inget kalo pake behel akhirnya aku pipilin, takut rontok behelnya, kalo rontok mahal biaya pasangnya sobat misqueenku.

Gambar: Anak makan jagung

d. Bakso
Bakso juga pernah bikin bracket aku copot sekawat-kawatnya dan itu bener-bener ganggu, makan apa-apa jadi ada backsound "kriuk-kriuk" suara kawat terkunyah trus juga nusuk-nusuk pipi, gusi. Kalo udah nusuk biasanya aku pakein dental/ortho wax di kawatnya. Pokoknya bakso dan behel, kemusuhan.

Gambar: Bakso

Adakah makanan lain yang jadi musuh para behelers di fase-fase awal pemakaian?

Di fase-fase awal pemasangan behel emang harus banget ngejaga makanan biar gak bolak-balik ke dokter gigi untuk pasang bracket atau kawat yang lepas, harus hati-hati ngunyahnya, gak bisa serabakan kayak dulu. Sekarang udah 4 bulan aku bersama behel, udah mulai bisa bebas makan apa aja, gak bebasnya cuma pas di awal doang tapi tetep gak boleh makan jagung yang masih di bonggolnya ya.

Post tentang behel:

Pengetahuan tentang behel:

No comments:

Post a Comment

Follow @herlinquinn ❤