Wednesday 7 July 2021

My Braces Journey: Part V (Pasang Behel di FDC - Progress Behel Gigi)


Gak terasa udah mau 3 tahun aja di dunia perbehelan, cepet banget ya hehe.

Di post kali ini, aku akan membahas tentang perkembangan gigi aku selama pake behel. Aku baru sadar ternyata perubahannya signifikan walaupun baru 2 tahun, 5 bulan. Itu juga aku sempet absen 1 tahun kontrol gigi karena ada kesibukan dan pandemi. Pacar aku sendiri bilang kalo aku berubah banget, senyumnya jadi lebih cantik, enak diliat dan biaya yang sudah dikeluarkan untuk perawatan behel selama ini juga worth it. Ah seneng lah pokoknya.

Oke back to the topic, aku mau share ke kalian semua tentang perkembangan (progress) gigi aku selama pake behel.

Foto sebelum behel dipasang



Foto tanggal 22/10/2018 - Masih awal-awal pake behel




Foto tanggal 17/11/2018 - Masih berantakan, gigi geraham bawah yang sisa sedikit juga belum dicabut.





Foto tanggal 11/12/2018 - Yang bawah mulai renggang buat ngasih ruang gigi tengah biar bisa sejajar, gak tabrakan




Foto tanggal 26/02/2019




Foto tanggal 14/12/2019



Foto tanggal 04/03/2020 - Makin banyak yang renggang karna gak rutin kontrol behel. Waktu itu lagi sibuk skripsi (alasan aja) heheh, gigi geraham bungsu yang kanan juga bolong luka huhu






Foto tanggal 19/04/2020 - Gigi atas masih keliatan maju, gigi bawah mulai rapih yaay



Foto tanggal 31/01/2021 - Udah rapi dong gigi atas dan bawah tapiii
aku belum puas sama hasil gigi atas, masih keliatan maju dan kurang signifikan perubahannya huhu jadi nyesel kenapa dulu gak langsung cabut gigi atas aja biar lebih cepet dan signifikan hasilnya.
Akhirnya dijadwalin buat cabut 2 gigi atas (gigi geraham di belakang gigi taring)
biar ada ruang buat mundurin gigi yang atas.
Cabutnya satu-satu, gak sekaligus dua dan aku harus rontgen lagi.





Foto tanggal 07/02/2021 - Pencabutan gigi geraham atas kanan.
Prosesnya lancar-lancar aja, cuma sakit nyuttt pas dibius bagian gusi langit-langit mulut (sakitnya sampe seharian), pas bius gusi bawah gak sakit. Gak ada bengkak tapi sponge buat penyembuhan lukanya copot sebelum lukanya kering, untung gak pendarahan lagi wkwk.
Gak ada kapok-kapoknya emang.
Aku juga dikasih obat tapi gak aku minum karna emang gak suka minum obat-obatan walaupun agak nyeri tapi masih bisa ditahan lah.




Foto tanggal 05/07/2021 - 2 hari setelah cabut gigi geraham atas kiri. Pas proses pencabutannya sih gak sakit sama sekali, dibius juga gak berasa sakit tapi bengkak buseng wkwk.
Aku gak konsumsi obat apa-apa buat ngilangin bengkaknya, biarin aja lucu soalnya.
Rasanya pipi kayak ada sensasi tumpah berat gitu (?)
Proses penyembuhan lukanya juga agak cepet menurut aku,
mungkin karna dibantu minum susu tiga kali sehari (?)



Foto tanggal 07/07/2021 - Cepet kan udah mau nutup
dan langsung ditarik biar giginya bisa langsung mundur


Foto-fotonya gak lengkap karna banyak yang kehapus, ilang, rusak kelamaan disimpen huhu tapi nanti aku tambahin lagi kalo gak males nyari heheh.


Sekarang aku mau kasih unjuk foto aku sebelum dan sesudah pake behel senyumnya gimana, biar kalian semua bisa bandingin. Maapin yak kalo jelek pas senyum lebar gini, mohon maap lahir batin wkwk.





Nah, segitu dulu progress yang bisa aku share. Nanti pasti bakal aku share lagi hasil akhirnya gimana dan biaya total keseluruhan yang udah aku keluarin selama pake behel berapa. Karna udah malem males ngitung (bukti pembayaran yang lumayan banyak) jadi aku cukupkan saja.
See ya~

1 comment:

  1. kak itu yang gigi geraham ditarik maju buat ngisi ruang kosong?

    ReplyDelete

Follow @herlinquinn ❤